Friday, May 18, 2007

Tahun Pertama di Seminari

Segala puji syukur kepada Tuhan. Dengan anugerah-Nya, saya tiba di akhir tahun pertama kuliah di Calvin Theological Seminary.

Saya teringat masa-masa sebelum berangkat dan bulan-bulan pertama di Amerika. Sungguh pergumulan yang tidak mudah bagi saya kuliah teologi dalam bahasa Inggris. Keduanya adalah pengalaman yang baru bagi saya. Ditambah saya sudah "tidak makan bangku kuliah" selama hampir delapan tahun. Saya tidak bisa lupa pergumulan saya untuk menulis dan membaca dalam bahasa Inggris, apalagi bicara. Saat itu, menulis satu paragraf saja membutuhkan satu jam. Sedangkan membaca, memerlukan 10-15 menit untuk memahami satu halaman. Frustrasi sekali. Saya sampai membuat komentar untuk mentertawakan diri sendiri, "This is for the first time that English makes me surrender to God!"

Namun, janji Tuhan dalam 1 Tesalonika 5:24 sangat terbukti! Dia yang memanggil, Dia yang setia, dan Dia pula yang bekerja. Saya mengenang kebaikan teman-teman Indonesia di Grand Rapids seperti Amos, Yuzo, Ferry, ci Mega, dan lainnya. Juga Tom dan Brian. Secara khusus Tom, pekerjaannya sebagai misionaris di Filipina telah menjadikannya peka terhadap pergumulan bahasa saya - karena dia pernah merasakannya juga, yaitu sewaktu dia belajar bahasa Tagalog. Dalam suatu pertemuan dengan teman mahasiswa bule lainnya, Tom mengajak mereka berempati terhadap saya. Dia mengatakan, "Kita bicara bahasa Inggris dengan 99% memikirkan isinya dan 1%-nya berkaitan dengan bagaimana kita mengungkapkannya. Sedangkan Jimmy, 99% memikirkan cara pengungkapannya." Saya mengalami sendiri akan persekutuan dengan saudara seiman sebagai sarana anugerah Allah.

Dari sekian banyak berkat lainnya yang saya peroleh selama tahun pertama ini, hal yang paling signifikan adalah bagaimana Allah mengajarkan integrasi teologi dan kehidupan. Para Reformator besar seperti Calvin, Luther, Bucer, Zwingli, Baxter, dan sebagainya menuliskan dokumen teologi mereka dalam rangka menolong kehidupan umat Allah menjadi lebih kudus. Bagi mereka, teologi bukan sekolah ide tapi sekolah kehidupan. Bahkan Calvin sendiri menuliskan keterangan di bawah judul mahakaryanya "Institutes of Christian Religion" sebagai berikut: "The Institute of the Christian Religion, containing almost the whole sum of Piety, and whatever it is necessary to know in the Doctrine of Salvation. A work very well worth reading by all persons zealous for Piety..."

Saya jadi teringat perkataan Paulus sendiri, "Tanpa kasih, pengetahuan menjadi sia-sia." Kiranya Tuhan menjauhkan saya dari teologi yang dingin dan tidak berdampak pada kehidupan, seberapapun penting dan cerdasnya itu.

1 comment:

Nancy said...

Ha..ha..mirip pengalaman saya waktu pertama kuliah di Korea. Kepengan pulang Indo aja, karena gak mudeng. But after I surrender to Him, I got straight A's
Itulah sense of humor Tuhan kita, orang 'bodoh' dipakai untuk mengalahkan orang 'pintar'.

salam kenal Pak..

Please visit my home on www.nancydinar.com.
My blogspot account is currently being private.

cartoon for your soul

cartoon for your soul